Target Meraih Adipura 2023, Pj Bupati Aceh Singkil Imbau Seluruh Instansi dan Masyarakat Ambil Bagian

Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis memimpin langsung Sosialisasi Pelaksanaan Kantor Asri Festifal (Kantrifest) 2022 di Op Room Setdakab Aceh Singkil

topmetro.news – Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis memimpin langsung Sosialisasi Pelaksanaan Kantor Asri Festifal (Kantrifest) 2022 di Op Room Setdakab Aceh Singkil. Hadir Kepala SKPK, Sekretaris MPU, MPD, MAA dan Baitul Mal dan seluruh camat se-Kabupaten Aceh Singkil.

Dalam kesempatan itu Plt Kadis DLH Masdiana sebagai mengimbau kepada seluruh seluruh kepala SKPK di Kabupaten Aceh Singkil untuk mengelola sampah.

“Kami mengimbau agar para SKPK ikut andil menuju Aceh Singkil meraih Adipura Tahun 2023 dalam hal mengelola sampah dengan cara memilah sampah. Pisahkan paling tidak tiga jenis sampah, yaitu organik, anorganik, dan B3. Sampah organik dapat dijadikan kompos yang dapat dimanfaatkan untuk tanaman pekarangan. Anorganik dapat bernilai ekonomi dengan daur ulang. Yang B3 akan diangkut oleh dinas,” ucap Masdiana Senin (27/9/2022).

Hal ini, kata Masdiana, bertujuan untuk mengurangi sampah plastik. “Dan hendaknya kita membiasakan diri untuk selalu peduli. Contohnya seperti membiasakan selalu membawa botol minum sendiri. Karena kegiatan kecil yang kita lakukan akan berdampak besar jika kita lakukan secara bersamaan. Sebagaiman semboyan mengatakan, bersama kita bisa, bersama kita kuat, untuk Aceh Singkil bebas sampah,” tuturnya.

Kota Singkil ditargetkan meraih Adipura Tahun 2023 dan salah satu langkah yang dilakukan ialah dengan Sosialisasi Pelaksanaan Kantor Asri Festifal (KantriFest) ke seluruh jajaran Pemkab Aceh Singkil.

Syarat Adipura

Sementara Pj Bupati dalam arahannya mengharapkan kerja keras seluruh jajaran Pemkab Aceh Singkil. Karena untuk meraih Kota Adipura, salah satu syaratnya melalui penilaian prasarana dan sarana perkotaan yang berlokasi pada ibukota kabupaten/kota.

“Kebersihan kantor bukan hanya untuk Adipura. Tetapi kantor-kantor pemerintah merupakan contoh bagi masyarakat. Kalau kantor pemerintah saja kotor tidak terawat, bagaimana dengan lingkungan yang ada di sekitar kita,” kata Marthunis.

Kegiatan KantriFes ini terlaksana dengan swadaya kantor masing masing. “Mari kita sisihkan sebahagian pendapatan kita untuk kegiatan ini. Kapan lagi kita berkontribusi untuk daerah kita dan kantor kita,“ ajak Pj Bupati tersebut.

Lebih lanjut, Pj Bupati mengatakan bahwa sudah ada timeline pelaksanaan Kantor Asri Festival Tahun 2022. Di mana kegiatan telah berjalan dari tahapan sosialisasi yang terlaksana hari itu. Kemudian berlanjut ke tahap persiapan kantor. Lalu selanjutnya, memasuki tahapan penilaian dan pengumuman.

“Timeline pelaksanaan Kantor Asri Festival Tahun 2022 sudah kita susun. Di mana mulai tanggal 27 September sampai dengan 9 Oktober seluruh kantor dalam Kota Singkil harus sudah melakukan persiapan sarana dan prasarana. Kemudian tanggal 10 sampai dengan 16 Oktober akan dilakukan tahapan penilaian dan pada tanggal 17 Oktober akan diumumkan. Apakah Kota Singkil layak menjadi nominasi peraih Adipura Tahun 2023,” terangnya.

Selain Pj Bupati Marthunis, yang mengatakan dirinya adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh. Di mana ia mengharapkan peran serta seluruh elemen masyarakat sampai ke pemerintahan desa untuk mewujudkan Kota Singkil meraih Adipura Tahun 2023. Karena ada enam kriteria yang harus tercapai untuk meraih Kota Adipura.

“Saya berharap seluruh elemen masyarakat dan juga pemerintahan desa turut andil mensukseskan Kota Singkil meraih Adipura Tahun 2023. Karena ada enam kriteria penilaian yang kita lakukan untuk meraih Kota Adipura. Yaitu penilaian area kantor, drainase, ruang terbuka hijau (RTH), tempat pembuangan sampah (TPS), pemilahan sampah, dan kegiatan pengomposan,” tutupnya.

reporter | Rusid Hidayat

Related posts

Leave a Comment